
Setda Rembang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) menggelar Pembinaan dan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pengelolaan Keuangan Pembangunan dan Pemberdayaan Desa di Rumah Dinas Bupati Rembang, Senin-Selasa (9-10/10/2023).
Assisten I Sekda Rembang, H. Agus Salim mengingatkan Pemdes untuk selalu melengkapi administrasi di tingkat desa. Pasalnya, masih terdapat administrasi dibeberapa desa masih lemah dan harus diperbaiki. “Ini untuk masyarakat agar mudah akses terutama data apa yang ada di desa,” jelasnya.
Menurutnya, administrasi mempunyai peran penting dalam pengelolaan keuangan, pembangunan dan pemberdayaan di desa.
Kepala Dinpermades, Slamet Haryanto menjelaskan administrasi ditingkat desa kedepan berdasarkan regulasi Nasional akan menggunakan system online non tunai. Sehingga harus dipersiapkan baik dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasarananya.
Disisilain, Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya banyak prestasi yang sudah diperoleh desa di Rembang. Salah satunya dalam pencapaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 82% kategori baik. “Ini tidak terlepas dari Pemdes yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Belum lama ini juga ada narasumber asal desa di Rembang yang ditunjuk kementrian untuk menjadi narasumber ditingkat nasional,” jelasnya.
Pihaknya meminta sinergi terus selalu dilakukan dan selalu mengecek regulasi yang ada karena perubahan aturan yang bisa berubah sewaktu-waktu. (MK)