Pemerintah Kabupaten Rembang memilih Kecamatan Sumber sebagai pilot project atau proyek percontohan program penanggulangan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Rembang. Disampaikan oleh Wakil Bupati Rembang H.M. Hanies Cholil Barro’, saat menghadiri Musrenbangcam dan Penyusunan RKPD 2023, di Pendopo Kecamatan Sumber, Rabu (02/03/2022).

Wakil Bupati Rembang HM. Hanies Cholil Barro’ mengatakan Kecamatan Sumber merupakan pilot project penanggulangan kemiskinan ekstrem. Agar supaya  usulan-usulan yang disampaikan dicermati kembali, khususnya usulan yang berorientasi pada masalah penanganan kemiskinan. Sebagai proyek percontohan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim, Kecamatan Sumber harus melakukan penanganan secara simultan atas desa-desa mandiri dengan program berkelanjutan, yang dimulai dengan menyinergikan sejumlah pemerintahan Desa di Kecamatan Sumber untuk bersama-sama menangani desa sehingga bisa menggerakkan perekonomian desa serta warga.

“Kecamatan Sumber juga mesti segera melakukan koordinasi lintas sektor, yang berpotensi besar untuk diberdayakan dan menjadi kekuatan ekonomi luar biasa bila ditangani secara berkelanjutan”, Ungkap Gus Hanies.

“Desa-desa mandiri lainnya juga punya potensi beragam yang akan segera ditangani demi terwujudnya Rembang Gemilang 2026,” tandas Hanies.

Adapun untuk mempersiapkan program penanganan kemiskinan ekstrim, perlu adanya koordinasi lintas sektor, serta memadukan data-data kemiskinan dan data hasil survei SDGs Desa. Koordinasi secara simultan segera dilakukan agar terjadi kesepahaman, sehingga gerak dan langkahnya menjadi lebih sistematis,” imbuhnya.(Fenty-Prokopimda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *