Setda Rembang – Wakil Bupati Rembang, H.M. Hanies Cholil Barro’ bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kementerian Agama dan UNICEF meresmikan atau lauching Pesantren Ramah Anak di Ponpes Alhamdulillah Kecamatan Sulang, Rabu (8/11/2023).

Atas nama Pemerintah Kabupaten Rembang, Gus Wabup mendukung setiap usaha untuk terus meningkatkan mutu pesantren terutama dengan humanisme dan disiplin positif.

Pesantren perlu menyambut program ini karena pentingnya membangun lingkungan pendidikan pesantren yang lebih baik.

“Mewujudkan pesantren yang memenuhi hak-hak anak, termasuk hak mereka atas perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan pelecehan,” katanya.

Terlebih lagi, Rembang termasuk salah satu kabupaten yang telah diakui secara nasional sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Nindya dari tahun 2019, 2021, 2022 dan 2023. Sehingga, upaya semacam ini perlu terus dikuatkan.

Meskipun sebenarnya, sikap ramah terhadap anak bukan hal baru di lingkungan pesantren. Sebab, pesantren telah menerapkan interaksi kehidupan sesuai tuntunan norma agama.

Gus Wabup lebih senang menyebut peluncuran pesantren ramah anak ini sebagai sebuah instrumen monitoring pesantren ramah anak. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *