Setda Rembang – 228 orang mendapatkan bantuan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah di Pollos Hotel, Jumat (22/12/2023). Penerima ini merupakan mustahik produktif binaan BAZNAS Jateng tahun 2023.

Bupati Rembang melalui Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Rembang, Ir. Dwi Wahyuni Hariyati, MM. mengatakan Pemkab Rembang mengucapkan terimakasih dan apresaisi atas Kerjasama yang terjalin dengan BAZNAS Jawa Tengah.

“Bantuan yang akan diberikan berupa modal usaha yang diperuntukkan bagi 228 orang di Kabupaten/Kota dan khusus di Kabupaten Rembang, Pati, Blora, Kudus dan Jepara masing-masing menerima bantuan sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah)”, katanya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Tengah, Tegoch Hadi Noegroho, SH. mengatakan kemiskinan ekstrim di Jateng cukup mengkhawatirkan. Menurut data Pemprov Jateng terdapat  17 kabupaten yang masih mengalami kemiskinan ekstrem.

“Banyak program dilakukan untuk pengurangan kemiskinan ekstrem, dilakukan validasi data kemiskinan sehingga penyaluran bantuan akan tepat sasaran. Stunting juga menjadi program lanjutan,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, skema kolaborasi baik pusat hingga daerah dan lembaga nongovernment terus digencarkan. “Salah satunya dengan BAZNAS ini. Kami harap dapat memberikan dampak positif untuk kualitas hidup dan lapangan kerja,” jelasnya.

Ia juga mengharapkan bantuan ini tidak hanya sekedar dikasih dan selesai, tetapi penerima diminta untuk memajukan dan menyejahterakan keluarga. (Prokopimda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *