Kabupaten Rembang menjadi salah satu daerah titik pemberangkatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Pramuka Kwatir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Bulan Baklti Pramuka dan peringatan Hari Jadi Pramuka ke – 62.

Kontingen ETK Kabupaten Rembang dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Rembang HM. Hanies Cholil Barro’ yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Wakamabicab) Kwarcab Rembang di Alun-alun Kota Rembang, Senin (21/8/2023). ETK merupakan kegiatan tradisi dan ciri khas dari kegiatan kepramukaan di Jawa Tengah yang sudah dimulai sejak tahun 1979. Di tahun ini, sebanyak 14 daerah ditunjuk sebagai titik pemberangkatan ETK menuju titik kumpul di Kabupaten Pemalang sebagai puncak kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Rembang HM. Hanies Cholil Barro’ selaku pembina upacara menyampaikan Gerakan Pramuka sebagai organisasi Pendidikan kepanduan Praja Muda Karana diharapkan dapat terus berkembang dan terus membantu masyarakat, khususnya dalam pembentukan karakter generasi muda.

“Di era teknologi digital ini, Gerakan Pramuka harus terus berkembang. Pengembangan teknologi dan informasi dapat menjadikan gerakan Pramuka semakin berdaya guna dan berhasil guna penyelenggaraan pendidikan untuk generasi muda yang tidak hanya menekankan pentingnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi saja tapi juga menekankan pentingnya pembentukan watak dan kepribadian,” ungkapnya.

Hanies menambahkan para pelajar dari sekolah yang dilewati rombongan estafet pembawa tunas kelapa menyambut di pinggir jalan. Gus Wabup bersyukur bahwa Gerakan Pramuka hingga saat ini masih menjadi organisasi yang memberi kegiatan positif bagi generasi muda.

“Ini sebagai upaya kita mendidik anak-anak kita, anggota pramuka, dan termasuk kita semua untuk bersama-sama membangun SDM kita, sekaligus mencintai kebangsaan kita, mencintai NKRI, Pancasila, dan undang-undang Dasar 1945,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *