Setda Rembang – Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Rembang melaksanakan kegiatan Sosialisasi pedoman Penyusunan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah (LPPD) Tahun 2023, bertempat di Aula lantai 4 Kantor Bupati Rembang, Selasa (9/1/2023).

Dalam sambutan Bupati Rembang yang diwakilkan Asisten Pemerintahan & Kesra Setda Kabupaten Rembang Bapak H. Agus Salim, SH.MH. mengharapkan kegiatan ini bisa memperdalam pemahaman atas pedoman-pedoman baku penyusunan LKPJ dan LPPD, sekaligus menjadi forum diskusi yang mampu memperjelas informasi terkait penyusunan LKPJ, dan LPPD.

“Laporan-laporan ini menjadi cermin bagi kepala daerah, serta bagi seluruh perangkat daerah pengampu urusan pemerintahan yang menggambarkan kemampuan semua dalam mengelola seluruh sumber daya yang ada untuk mencapai target-target kinerja yang sudah ditentukan. Sehingga laporan-laporan ini harus dibuat dengan sebenar-benarnya dengan bukti dukung yang akurat dan berisi data yang factual,” katanya.

Oleh karena itu, pihkanya meminta kepada setiap Perangkat Daerah (OPD/Dinas-red) untuk melaksanakan pelaporan ini dengan serius, tidak hanya sekedar melaporkan secara administrasi tetapi juga melakukan langkah konkret untuk pencapaian kinerja sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Dalam kegiatan sosialisasi bagi personil pengumpul data dari OPD, menghadirkan narasumber dari Biro Pemerintahan, Otda dan Kerjasama Setda Provinsi Jateng, Soelistiyarini, S.Sos, M.Si selaku Sub Koordinator Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah dan Peningkatan Kapasitas Daerah (Analis Kebijakan Ahli Muda).

Ia menjelaskan secara lengkap data yang harus ada dicukupi sebagai data dukung dalam pelaporan LPPD dan menjelaskan semua Indikator Kinerja Kunci Keluaran urusan pemerintahan wajib berkaitan pelayanan dasar, wajib tidak berkaitan pelayanan dasar, Indikator Kinerja Kunci pilihan, Indikator Kinerja Kunci penunjang beserta menjelaskan persiapan penyusunan LPPD Kabupaten Rembang Tahun 2023. (Bagian Pemerintahan Setda Rembang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *