Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kecamatan Pancur digelar, Selasa (5/31014) di Pendopo Kecamatan Pancur.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Rembang, Mardi., S.Pd., M.T mengatakan perencanaan yang disusun untuk 2025 yang merupakan tahun ke-5 masa pemerintahan Bupati Abdul Hafidz yakni memantapkan infrastruktur, peningkatan kualitas SDM dan peningkatan pembangunan ekonomi untuk menuju Rembang Gemilang yang selaras dengan visi Kabupaten Rembang.

Selanjutnya dijelaskan pencapaian yang telah diraih Pemkab Rembang diantaranya; Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Rembang 2021-2023 meningkat menjadi 5,21%, yang menjadi indikator bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Rembang sudah mulai meningkat dan membaik.

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 70,00% pada tahun 2022 menjadi 71,89% pada tahun 2023. Tingkat kemiskinan Kabupaten Rembang mengalami penurunan dimana pada tahun 2022 sebesar 14,65 % menurun menjadi 14,17% pada tahun 2023

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada tahun 2022 sebesar 1,76% meningkat sebesar 0,84% menjadi 2,60% pada tahun 2023.

Untuk meningkatkan apa yang ingin dicapai dan mengatasi permasalahan yang ada, pihaknya menyampaikan untuk tahun 2025 akan ada program-program prioritas pembangunan daerah diantaranya peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan fasilitas kesehatan, peningkatan perekonomian, pemantapan kualitas infrastuktur, pemanfaatan lingkungan hidup, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan tingkat pengangguran terbuka.

Dalam Musrenbang Kecamatan Pancur ini, juga turut memperhatikan kelompok disabilitas, dimana beliau berkoordinasi dengan dinas terkait seperti Dinnaker dan Dinsosppkb untuk dapat memfasilitasi dalam memberikan pelatihan untuk menunjang kemampuan kelompok disabilitas guna dapat menunjang kehidupan kelompok disabilitas. (Prokopimda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *