Setda Rembang – Wakil Bupati Rembang, H. M. Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies/Gus Wabup) mendampingi mahasiswa beasiswa Rembang dalam kegiatan Temu Angkatan Silahturahmi dan Evaluasi Kontrak Beasiswa Rembang yang digelar di Pendopo Museum RA Kartini, Rabu (24/1/2024).

Menurut Gus Wabup sudah selayaknya Forum Komunikasi Beasiswa (FABs) Rembang ikut andil dalam membangun Kota Garam ini. Pasalnya Pemkab Rembang telah memberikan kesempatan beasiswa untuk belajar diperguruan tinggi. “FABs untuk lebih berkomitmen kepada Kabupaten Rembang”, katanya.

Gus Wabup menyampaikan beasiswa tersebut merupakan program dharmasiswa Pemkab Rembang yang setiap tahun telah disiapkan sejumlah 60 hingga 70 beasiswa bagi putra-putri daerah dalam menempuh program sarjana diperguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan indikator siswa berprestasi dan berasal dari keluarga tidak mampu.

Beasiswa tersebut bukan hanya mencakup Uang Kuliah Tunggal (UKT) tetapi juga kebutuhan pokok selama kuliah, baik biaya hidup maupun biaya transportasi.

Perhitungan beasiswa diberikan setiap semester dan diperuntukkan untuk mahasiswa baru dan berprestasi dalam jangka waktu maksimal 8 semester.

Sejak tahun 2017 Pemkab telah memberikan beasiswa sejumlah 349 mahasiswa.

Ia menyampaikan Kabupaten Rembang sudah banyak melakukan perubahan, meski belum nampak signifikan, yaitu pada sektor penurunan kemiskinan, kenaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat pengangguran dan lain sebagainya.

Meski begitu Rembang masih butuh banyak sumbangsih ide dan gagasan para anak muda untuk kemajuan dan pertumbuhan pembangunan di Kabupaten Rembang. (Prokopimda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *