Setda Rembang – Selamat Ulang Tahun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Soetrasno Rembang yang ke 69. Pada ulang tahun 2024 ini, secara resmi Ruang Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) untuk memecah penyakit batu ginjal tanpa operasi mulai beroperasi.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz, S.Pd.I seusai meresmikan Ruang ESWL, Minggu (18/2/2024) mengatakan usia RSUD merupakan usia yang cukup matang, sehingga perkembangan teknologi terus diupayakan. Sekarang ini RSUD sudah memiliki Ruang ESWL yang berguna untuk penyakit batu ginjal.

Prosesnya pasien tidak perlu menjalani operasi, tetapi cukup berbaring santai dan dilakukan penindakan diluar tubuh dengan alat canggih. Sehingga masyarakat sekarang tidak perlu takut jika mengalami penyakit batu ginjal.

“Kami mengupayakan agar RSUD mempunyai SDM dan peralatan canggih untuk semua jenis penyakit,” harapnya.

Pihaknya juga membeberkan dalam waktu dekat juga RSUD juga akan membuka ruang katerisasi jantung (cathlab) yang berguna untuk memasang ring jantung dengan alat yang lebih canggih.

Dokter Spesialis Urologi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, dr. Muhammad Isa Fuad Afandi mengungkapkan hal yang sama. Kelebihan alat ESWL ini adalah pasien tidak perlu diinfus, rawat inap dan tidak nyeri. “Mau muda, tua semua bisa diatasi pakai alat ini. Pasien pasti teruntungkan dan nyaman. Insyaallah Senin (19 Feb 2024) ruang ini sudah bisa beroprasi,” katanya. (Prokopimda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *